Welcome to puputmbul.blogspot.com

Rabu, 15 Desember 2010

Objek Wisata Bangka Belitung

Bangka Belitung,??? Pasti udah ga asing lagi kan buat temen-temen sekalian..
Apalagi pernah Film yang sempet Populer banget di Indonesia 'Laskar Pelangi' lokasi Syutingnya di pulau Belitung.


Nah Babel juga daerah asal saya.Tepatnya saya berasal dari Pangkalpinang, Bangka.
Di sini saya akan mengupas Objek wisata dan makanan khas dari Babel...
Jadi ga sabar untuk Mudik ke Bangka lagi kalo udah bahas masalah objek wisata kususnya Pantai-pantai yg ada.
Sambil dibayangkan, Berjemur di tepi pantai yang memiliki Pasir putih yang bersih, air laut yang biru dan bebatuan yang letak posisinya sangat pas.
Sambil meliha pemandangan sekitar dengan hembusan angin sepoi-sepoi dan sambil memanggang ikan..
Asik banget deh..Apalagi kalo bareng keluarga/teman-teman, pasti seru abis..
ini ada peta nya kalo mo liat

Peta Wisata Pulau Bangka

Pertama-tama sih saya mo bahas tentang Pantai-pantai nya dulu yah..
Yukkk....
Kita mulai sama Pantai yang paling dekat dengan Pusat kota, dan paling digerai masyarakat sekitar untuk dikunjungi yaitu Pantai Pasir Padi, yang berlokasikan di jalan Air itam pangkalpinang.
Pantai ini kalo dari rumah saya sih cuma memakan waktu kurang lebih 20 menit, bisa ditempuh dengan motor atau pun mobil.
nih saya kasih lihat sedikit foto yang pernah saya ambil ketika saya berkunjung ke pantai ini
Ini foto saya ambil di bagian kiri Pantai Pasir padi, tepatnya berdekatan dengan Seratta Hotel dan Restoran.
ini diambil sekitaran jam 17.30 sore saat matahari mau terbenam..hehehhehe..
Nah kalo foto yang ini disebelah kanan Pantai Pasir Padi..
Pusat makanan dibagian kanan ini sangat banyak, mulai dari resto seperti Biru Laut, Neptune, Istana Laut sampe para pedagang yg menjajakan makanan dengan sepeda, motor dan gerobak..
Add caption
  



Nah berikutnya saya akan membahas tentang Pantai Parai Tenggiri, Lokasinya di daerah Sungailiat, Bangka.Kalo dari rumah gue sih paling memakan durasi waktu sekitar 45 menit ntah itu dengan motor atau mobil.
Pantai Parai ini yang paling sering di publikasi lewat televisi.Karena disini sering diadakan berbagai event, karena Pantai Parai ini bekerja sama dengan El John Indonesia, dimana untuk Pariwisata Bangka lebih sering di sorot di Pantai ini.Di sini tersedia beberapa cotage yang disewakan, tersedia kolam berenang, resto.Dan lebih seru lagi disini kita bisa menikmati permainan Banana Boat dan Paracelling.


Itu sedikit yang saya ketahui tentang pantai Parai Tenggiri, Soalnya pribadi saya jarang berkunjung kesini terkecuali untuk acara-acara tertentu bersama keluarga.
Nah kalo pusat wisata yang lain paling saya kasih foto lokasi dan sedikit info aja yah,
soalnya, berhubung saya jarang berkunjung dan sekarang saya berada di Jakarta dan hanya mudik pada hari-hari libur nasional yg hari liburnya panjang..
hehehehhehee

Gua Maria, yang terletak di  daerah Belinyu, Bangka
Gua maria di Belinyu
Di Propinsi Bangka Belitung ini ada 2 gua Maria, Yang satu ada di Kota Pangkal Pinang,  terus satunya lagi di Kota Belinyu, dekat Sekolah St Agnes. Sekitar 60-an km dari kota Pangkal Pinang. Kesempatan pertama digunakan untuk mengunjungi Katedral di pusat kota, dekat dengan pusat  perbelanjaan Ramayana.
Setelah mengunjungi Katedral, dilanjutkan ke daerah Semabung tempat Gua Maria Yung Fo berada. Nama Gua Maria Yung Fo diambil dari nama daerah tempat Gua Maria berada yaitu daerah Yung Fo.  Letaknya sekitar 15 menit dari Bandara Depati Amir. Di sana tempatnya cukup teduh karena masih banyak pohon, dan tidak bising walaupun terletak  tidak jauh dari jalan raya. Kebetulan jalan tersebut bukan merupakan lintasan utama. 

Pantai Penyusuk
Kira-kira 6 km ke arah utara dari pantai Remodong, terdapat sebuah semenanjung yang sangat indah, yaitu Tanjung Penyusuk, yang terletak paling ujung utara Pulau Bangka. Dihiasi dengan tebaran batu-batuan alam berukuran besar dan kecil, Pantai Penyusuk sangat indah. Laut yang biru dan tenang dengan riak gelombang kecil yang menerpa ke arah laut, tampak empat buah pulau kecil yang melindungi pantai ini dari gelombang, sehingga pantai ini begitu tenang.
Salah satu pulau itu, Pulau Lampu, berfungsi sebagai mercusuar. Di antara pulau-pulau dan pantai, terdapat palung dengan kedalaman air yang ditumbuhi oleh taman laut berupa tebaran terumbu karang berwarna-warni. Di situ terdapat ribuan jenis ikan hias dan ikan karang yang hidup dengan bebas.


 Nah Sekarang saya mau ngebahas tempat pemandian air panas di Bangka. Namanya Tirta Tapta Pemali. Pemandian Air panas ini terdapat di desa Pemali Kabupaten Bangka, tepatnya di Jalan Gatot Subroto, Sungailiat, Bangka.

 Air panas ini berasal dari air tanah aktif yang mengeluarkan belerang yang sangat ccocok bagi wisataan yang datang untuk kesehatan atau menghilangkan pegal-pegal dengan cara berendam dikolam air yang disediakan.
selain itu ada arena permainan juga loh..hehehhehehe..

Kuil Fathin San, terletak di desa Lubuk Sungailiat.
Di Bangka, tempat peribadatan umat Budha banyak yang dibangun di lokasi yang jauh dari pusat keramaian.
salah satunya kuil ini terletak sekitar 35 km dari pusat kota pangkalpinang, ibukota provinsi.


Tempat wisata religi tanpa biaya masuk ini terbuka untuk umum, tak terkecuali untuk masyarakat non tionghoa atau non Budha.Hanya disaat berkunjung kita kerap menjaga kesopanan saja.
Dari gapura, masih dibutuhkan perjalanan sejauh 1 km. Diawali dengan jalan tanah yang belum diaspal, hingga bertemu dengan jalan bersemen yang terjal menuju ke lokasi kuil.Kuil yang berarsitektur khas yang didominasi dengan warna merah ini berdiri tegak berdampingan dengan sebuah batu granit besar di atasnya. Dilengkapi dengan sebuah kolam yang dihiasi dengan patung naga. Kolam dipenuhi dengan ikan nila, ikan koi dan uang logam. Loh, ada koin juga? Iya, seperti kepercayaan di mana-mana, melempar koin ke dalam kolam ini dipercaya bisa mengabulkan permohonan.



Prasasti Kota Kapur dan Jejak Kejayaan Negara Bahari di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Prasasti Kota Kapur ditemukan oleh Administrator Belanda, Van der Meulen di Kota Kapur, Bangka, pada bulan Desember 1892 M. Prasasti ini berangka tahun 686 M, tiga tahun setelah Sriwijaya menundukkan Kerajaan Melayu Jambi. Ada dugaan, prasasti ini sebagai peringatan pada rakyat di daerah taklukan, agar tidak melawan Kedatuan Sriwijaya.
Panjang = 30 cm, Lebar 52 cm, lebar = 17 cm dan berat 7 kg.

Berikut ini terjemahan isi prasasti kota kapur versi Slamet Muljana :


Seorang pembesar yang gagah berani, Kandra Kayet, di medan pertempuran. Ia bergumul dengan Tandrun Luah dan berhasil membunuh Tandrun Luah. Tandrun Luah mati terbunuh di medan pertempuran. Tetapi, bagaimana nasib Kayet yang membunuh itu? Juga Kayet berhasi ditumpas. Ingatlah akan kemenangan itu!

Kamu sekalian dewata yang berkuasa dan sedang berkumpul menjaga Kerajaan Sriwijaya! Dan kau, Tandrun Luah, dan para dewata yang disebut pada pembukaan seluruh persumpahan ini! Jika pada saat manapun di seluruh wilayah kerajaan ini ada orang yang berkhianat, bersekutu dengan pengkhianat, menegur pengkhianat atau ditegur oleh pengkhianat, sepaham dengan pengkhianat, tidak mau tunduk dan tidak mau berbakti, tidak setia kepadaku dan kepada mereka yang kuserahi kekuasaan datu, orang yang berbuat demikian itu akan termakan sumpah. Kepada mereka, akan segera dikirim tentara atas perintah Sriwijaya. Mereka sesanak keluarganya akan ditumpas! Dan semuanya yang berbuat jahat, menipu orang, membuat sakit, membuat gila, mlakukan tenung, menggunakan bisa, racun, tuba, serambat, pekasih, pelet dan yang serupa itu, mudah-mudahan tidak berhasil. Dosa perbuatan yang jahat untuk merusak batu ini hendaklah segera terbunuh oleh sumpah, segera dipukul. Mereka yang membahayakan, yang mendurhaka, yang tidak setia kepadaku dan kepada yang kuserahi kekuasan datu, mereka yang berbuat demikian itu, mudah-mudahan dibunuh oleh sumpah ini.

Tetapi kebalikannya, mereka yang berbakti kepadaku dan kepada mereka yang kuserahi kekuasaan datu, hendaknya diberkati segala perbuatannya dan sanak keluarganya, berbahagia, sehat, sepi bencana dan berlimpah rezeki segenap penduduk dusunnya.



 Gunung Menumbing, Mentok
Selain pantai, Pulau Bangka juga memiliki beberapa Wisata Alam, di antaranya Gunung Menumbing yang berada di Kecamatan Mentok, sekitar 30 km dari Kota Mentok. Di lokasi gunung berketinggian 800 mdpl ini terdapat kamar presiden RI pertama Ir. Soekarno yang pernah di asingkan di Pulau Bangka.
Ini foto Kamar Pak SOekarno di Menumbing Mentok

Tempat Tidur Pak Soekarno

sebuah gunung dengan dua buah tower dipuncaknya yang tampak dikejauhan sebelah kanan jalan (sebenarnya hanya bukit yang lumayan tinggi - di Bangka bukit disebut gunung), "Itu Gunung Menumbing, tower dipuncak itu milik TVRI dan Satelindo.




Sebuah mobil Ford hitam buatan tahun 1948 , juga berada disana - inilah mobil yang dipakai Bung Karno kalau bepergian sampai ke kota Pangkal Pinang.
kita lihat lebih banyak yuk lokasi kamar Bung Karno, dan ruang kerjanya.
Kamar 101 juga lumayan besar, ada dua buah bed kayu, dengan meja tulis, didepan kamar ada sebuah serambi untuk duduk-duduk melihat pemandangan diluar.
Kamar 102 dipakai untuk ruang tamu atau ruang kerja, terlihat pada dindingnya banyak foto Bung Karno dan Bung Hatta. Kabarnya selain Bung Karno dan Bung Hatta, ada enam lagi tokoh yang diasingkan disana antara lain H.Agus Salim dan Suryadharma. Bung Hatta ditempatkan tidak di villa utama ini tapi di bangunan villa lainnya yang terletak lebih kebawah bukit.


 Ternyata udah banyak yah, tapi sebenernya masih banyak Pantai-pantai atau tempat wisata di Bangka Belitung yang belum saya bahas disini.
Tapi it's oke lah, dari sebagian yang saya jelaskan sudah dapat dibayangkan kalo Di Indonesia masih banyak tempat-tempat wisata yang bagus salah satunya yang ada di Bangka Belitung.
Next time saya akan bahas tentang Kuliner(makanan Khas Bangka)

Bagi yang sangat Ingin mengunjungi tempat wisata di Bangka silahkan datang aja yah.
Perjalanan kebangka cuma memakan waktu kurang lebih 50 menit jika menggunakan Pesawat, dan 22 jam jika menggunakan Kapal Laut.
Dibangka terdapat 1 bandar Udara yg terletak di kota Pangkalpinang, yg bernama Bandar Udara Depati Amir.
Sedangkan Pelabuhan di bangka terdapat di 3 daerah, Pelabuhan Pangkal Balam di Pangkalpinang, Pelabuhan di Belinyu dan Pelabuhan di Mentok.
Enjoy Your Trip to Pulau Bangka...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar