Welcome to puputmbul.blogspot.com

Senin, 14 Februari 2011

Krisis Percaya Diri



Berparas biasa, Tidak memiliki hidung mancung, tidak pula berkulit putih dan dan berbadan langsing layaknya gitar Spanyol serta tidak berambut panjang, hitam dan lurus tergerai Seperti Angelina Jolie atau Tidak tinggi, Ganteng, berhidung mancung seperti  Lee Min Ho. Namun mereka punya cita dan cinta yang ingin mereka raih, sama seperti yang orang lain punya. Hanya saja dengan ‘Keterbatasan’ itu menghambat mereka untuk menggapainya. Kadang Kita hanya melihat mereka dengan sebelah mata, baik penilaian dari Pria ke wanita atau sebaliknya. Itulah krisis kepercayaan Diri pada seseorang.


Itu merupakan takdir mereka yang harus terlahir seperti itu. Tuhan yang punya rencana atas kelahiran seseorang itu seperti apa. Kita tidak bisa menyalakan siapa-siapa termasuk Tuhan. Tapi mulailah berfikir menemukan cara menyikapinya.  Karena tidak semua ‘Orang Biasa’ tidak bisa melakukan apa-apa, malah banyak dari mereka bisa melakukan sesuatu yang luar biasa. Kadang krisis kepercayaan diri pun tak lepas dari orang yang sebenarnya sempurna di mata orang lain.





Kita ambil satu kasus sebagai contoh. Misalnya ada seorang wanita biasa, tidak kaya, tidak pintar, tidak cantik semua yang dia miliki serba pas-pasan. Tapi dia memiliki rasa sayang yang amat mendalam terhadap pria yang dia sukai. Namun karena hal tersebut Dia tidak berani untuk mengungkapkan perasaannya kepada Pria yang dia sukai. Hal itu dikarenakan rasa tidak percaya diri dan takut yang Dia rasakan saat itu. Disisi lain Pria itu juga tidak pernah melihat kearah wanita itu dan menyadari jika di dekatnya ada yang sangat menyayanginya setulus hati.


Melihat kasus seperti itu apa yang bisa kita tarik kesimpulannya? Apakah salah wanita itu karena tidak memiliki rasa percaya diri pada diri sendiri atau salah pria, yang tidak melihat posisi wanita yang merupakan wanita biasa yang sepertinya tidak  cocok untuk dijadikan pilihan?????


Dan satu hal, kenapa setiap orang selalu membandingkan kekurangannya kepada kelebihan yang dimiliki orang lain??? Padahal itu merupakan salah satu faktor penghambat untuknya melangkah maju kedepan. Memang banyak yang selalu memberi masukan, kita harus begini atau kita harus begitu. Namun dalam prakteknya apakah itu bisa di lakukan????? Kebanyakan hanya bisa menerima pendapat tersebut tapi tidak untuk melakukannya. 

Diharapkan  para blogger untuk berbagi saran dan pendapat untuk hal seperti ini? Apa kedepan yang harus dilakukan untuk bisa lebih baik lagi dan menghilangkan krisis kepercayaan diri?



14 komentar:

  1. Krisis kepercayaan diri, saya yakin, dlm kehidupan semua orang pernah merasakannya, terutama saat berhadapan dgn segala sesuatu yg baru, apapun itu....

    K-lo menurut saya, slh satu caranya, mungkin ini yg pernah saya coba ya, saya akan berusaha sekuat mungin untuk meyakinkan diri saya bahwasanya saya mampu, saya bisa, dan yg paling penting kita harus sanggup lepas dr tuntutan hati kita agar selalu tampil sempurna, karena setiap kita pasti punya kelebihan n kekurangan...


    Slm knl ya Mba Putri...

    BalasHapus
  2. berbalik pada persoalan yang utama sapa yang patut dipersalahkan atas kasus seperti itu..

    antara rasa rendah diri wanita dengan pria yang 'buta'menilai seseorang..Kalau bagi pria itu kebiasaan melihat suatu yang luaran dulu dan mudah terpikat ketika sudah berkenalan.jadi pria tidak patut disalahkan.Pokoknya wanita itu sendiri yang patut berusaha menonjolkan dirinya agak tampak kelihatan ganteng atau sekalipun tidak punya tarikan.pria ada di antara mulai suka ketika merasa senang dengan seorang wanita.jadi dekati tanpa memperlihatkan rasa suka yang berlebihan.

    BalasHapus
  3. wah maksih yah buat masukan-masukannya..
    Semoga bisa bermanfaat..
    Salam kenal buat semua.. :D

    BalasHapus
  4. sebenarnya kemuliaan seseorang dan kebaikan hatinya ga bisa diliat dari penampilan fisik put.. belom tentu cewek yg cantik bgt bisa mencintai dan menghargai seorang cowok dengan setulus hati.. cowok jg nyari yg kayak gitu loh..

    BalasHapus
  5. tapi kebanyakan juga cwo kalo liat pasti dari fisik lah mut duluan, seperti yg Ghost writer blg...

    BalasHapus
  6. wajar mah membandingkan dengan orang lain itu.. tapi sekali-sekali mungkin perbaiki dengan siapa kita bergaul lingkungan seperti apa kita berada..karena ujung-ujungnya nggak jauh dari situ. kita adalah produk dari lingkungan koq!

    BalasHapus
  7. tapi gak semua pria spt itu yg hanya liat fisik aja.

    BalasHapus
  8. intinya bersyukur sih

    kalau sudah bersyukur... pasti krisi percaya diri itu gx ada lagi...

    BalasHapus
  9. Makasih yah masukan-masukannya dari kalian..
    Semoga kedepannya ini bisa bermanfaat

    BalasHapus
  10. setiap orang selalu punya kelebihan

    BalasHapus
  11. ada kisah seorang cewek yang katakanlah tidak langsing, cenderung hitam, miskin, yang sejak jaman SD sampe lulus SMP selalu diledekin sebagai "B.A" (salah satu peran dalam film The A Team - lihat aja di google- ada gambar"BA"nya kok).

    awalnya dia mengharapkan cinta seorang pangeran tampan.
    tapi saat dia beranjak dewasa, dan melihat bahwa teman2 yang secara fisik lebih cantik dari dirinya justru menikahi pria tampan gak tahu diri (sering bikin sakit hati),
    maka dia pun menyerah untuk mengharapkan cinta pangeran.

    akhirnya mimpinya satu,
    menikah dengan cowok beriman,
    karena cowok beriman tidak akan menyakiti istrinya, walaupun dia sudah tidak cinta pada istrinya.

    cewek itu hanya mengharapkan menikah dengan cowok beriman,
    mau tuh cowok pendek banget, item banget, gendut banget, umur lebih muda, pokoknya yang penting tuh cowok beriman.

    cowok beriman pastinya bukan sekedar jago baca Qur'an, tapi dia juga harus pandai menjaga tubuhnya yang merupakan amanah ALLAH SWT, intinya sih dia gak ngerokok,
    karena ngerokok kan termasuk merusak amanah ALLAH,
    trus pastinya dia juga mempraktekkan adab bergaul dengan lawan jenis,
    gak maen nempel aja :)

    dan ternyata tuh cewek kini menikah dengan pria tinggi tampan yang lebih putih dari dirinya, pe-en-es, uda ada rumah, dll.
    tapi tentu aja yang terpenting dari semuanya adalah tuh cowok beriman.

    jadi gak usah minder ataw rendah diri,
    karena ALLAH SWT tak pernah salah.

    seperti pantun yang pernah saya buat:

    ada tuan ada nyonya
    ada turun juga ada naik
    apapun keadaannya
    syukur adalah sikap terbaik

    :)

    BalasHapus
  12. Makasih ya masukan nya...
    Salam kenal juga buat semua

    BalasHapus
  13. biasanya kita selalu melihat orang lain lebih sempurna atau lebih baik dari kita, itu yang membuat krisis percaya diri.

    coba kalau kita balik saja, berlatih untuk menjadi diri sendiri dengan segala yang kita punya. sok PD ga apa-apa asal jangan kebablasan.

    BalasHapus